Labels

Sabtu, 29 Juni 2013

Cara Membuat FlashDisk Kebal Dari Virus

USB Flashdisk atau beberapa menyebutnya dengan ‘ThumbDrive” pertama kali dipasarkan oleh perusahaan raksasa IBM pada tahun 2000. Hingga saat ini, kegunaan USB flashdisk menjadi favorit sebagai media penyimpanan selain praktis juga mempunyai kemampuan untuk menyimpan banyak data didalamnya. Namun dibalik semua itu, USB Flashdisk merupakan ‘sasaran empuk’ bagi virus – virus komputer karena disamping mudah untuk terinfeksi dan memiliki celah keamanan yang tidak ketat. Umumnya para pembuat virus banyak diantaranya yang mengujikan virus buatannya pada salah satu diantara; virtual windows mereka atau pada USB flashdisk nya sendiri. Oleh karena itu, pada tulisan ini akan dibahas bagaimana setidaknya memperkecil kemungkinan terinfeksinya virus komputer pada USB anda.
Langkah – langkahnya :
  1. Buatlah sebuah folder dalam FlashDisk Anda, dan berikan nama “autorun.inf” (tanpa tanda kutip).
  2. Masuk kedalam folder yang baru saja anda buat tersebut dan buatlah sebuah dokumen notepaddidalamnya. Caranya klik kanan, pilih NEW > TEXT DOCUMENT, dan berikan sembarang nama untuk file yang baru saja anda buat (hasil akhirnya seperti pada gambar). Nama ini nantinya akan kita ganti dengan beberapa karakter khusus.
  3. Setelah itu, kita akan membuka program CHARACTER MAP yang ada di START > ALL PROGRAMS > ACCESORIES > SYSTEM TOOLS > CHARACTER MAP.
  4. Setelah CHARACTER MAP terbuka, pilih font yang ada embel2 unicode seperti Arial Unicode atau Lucida Sans Unicode. Scroll kebawah sampai anda melihat huruf2 Jepang, Korea,Cina, atau karakter2 aneh.
  5. Pilih 4 atau 5 karakter yang anda inginkan, trus klik copy.
  6. Ubah nama ato rename file teks yang telah anda buat pada langkah 2 diatas. Klik kanan pada file tersebut, pilih rename, selanjutnya tekan [CTRL] + [V]. Nama file pun berubah.
  7. Jangan kaget bila nantinya anda akan melihat karakter seperti tanda kotak2 saja. Ga papa kok, itu normal kok.
  8. FINISH.
Dengan trik diatas, maka USB anda sudah kebal dari rata-rata atau kebanyakan dari virus komputer yang menginfeksi flashdisk adalah dengan memanfaatkan, memodifikasi atau menambah fitur autorun.inf pada USB flashdisk. Dengan menambahkan beberapa karakter aneh (berformat UNICODE) yang disebutkan terdahulu, maka script virus tidak dapat mengubah autorun.inf tersebut karena script pemrograman virus tidak mendukung karakter berformat UNICODE sehingga virus tidak akan dapat menghapus dan mengganti file tersebut karena tidak dapat membacanya.
Pertanyaan berikutnya, bila virus tidak dapat menghapusnya mampukah virus membuat kloningan dari autorun.infmilik mereka sendiri? Jawabannya adalah tidak. Karena sistem operasi windows hanya mendukung satu buah fileautorun.inf didalam sebuah drive / flashdrive. Oleh karena itu flashdisk anda dapat dikatakan aman dari sebagian besar cara kerja virus pada umumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak

 

DMCA Protected

Protected

MyFreeCopyright.com Registered & Protected